Kamis, 05 Des 2019 16:00 WIB

Viral Ambulans 'Dipaksa' Beri Jalan untuk Rombongan Polisi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ambulan 'dipaksa' untuk memberi jalan polisi yang akan lewat. Foto: Viral
Jakarta - Ketika mengemudi, membuka jalan bagi kendaraan darurat seperti ambulans apalagi ketika mendengar suara sirine dan kedip lampu adalah hal yang harus dilakukan. Perbedaan waktu sesedikit apapun bisa membuat perbedaan kondisi pasien saat berada di ambulans.

Tapi apa yang kira-kira terjadi ketika rombongan polisi dan ambulans bertemu di jalan yang sama? Siapa yang memberi jalan kepada siapa?

Sebuah video viral belum lama ini menunjukkan ambulans terpaksa memberikan jalan bagi rombongan polisi. Potongan video yang diunggah pertama kali oleh Lian, pria asal China, membuat kesal warganet. Banyak yang menyayangkan sebab harusnya ambulans lebih didahulukan apalagi jika dalam keadaan darurat.

Dalam video itu memang terlihat lalu lintas cukup padat. Tetapi kemudian, suara sirine ambulans terdengar dan banyak mobil memberi jalan sebagaimana mestinya.



"Pagi itu memang jalan cukup padat dan terdengar suara sirine. Mobil pun memberikan jalan tapi tiba-tiba ada serombongan polisi yang mendahului," demikian dikutip dari China Press.

Tiba-tiba, seorang pengawal polisi dengan dua sepeda motor meminta pengemudi memberi ruang bagi tiga mobil untuk lewat. Mereka bahkan memaksa ambulans banting setir, menyingkir dari jalan, sehingga mobil SUV bisa lewat.

Rasanya, aturan di negara manapun menganjurkan agar ambulans harus didahulukan dari rombongan lain. Di Indonesia sendiri, Undang-undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Pasal 134, menyebut urutan pengguna jalan yang harus diprioritaskan, di antaranya:

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit.
3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
4. Kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia.
5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga International yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan kepolisian.



Simak Video "Fungsi Macam-macam Suara Sirine Ambulans, Seperti Ini Bunyinya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)