Jumat, 06 Des 2019 08:21 WIB

Suami Enggan Urus Anak karena Dad Shaming, Ini Pemicunya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Dad shaming bisa membuat ayah tak nyaman menghabiskan waktu dengan anak. (Foto: Thinkstock) Dad shaming bisa membuat ayah tak nyaman menghabiskan waktu dengan anak. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ternyata selain mom shaming, ayah juga berpotensi 'dad shaming'. Saat ayah enggan main berlama-lama dengan anak, bisa jadi penyebabnya ayah sedang mengalami dad shaming. Namun, seperti apa ya pemicunya?

Menurut Saskhya Aulia Prima, M.Psi., Psikolog Anak, co-founder Tiga Generasi, dad shaming biasanya dipicu karena ibu cenderung punya kekhawatiran berlebih jika hal-hal yang dilakukan sang ayah dapat membahayakan anaknya. Kekhawatiran ini memicu ayah alami dad shaming.

"Kadang-kadang sebagai ibu juga kita mudah worry ya karena kita udah terbiasa ketika anak tidur dipegang orang lain rewel tuh kita gatel aja gitu. Jadi ada hasrat nggak kepingin sesuatu yang terjadi bisa berbahaya buat si anak," ujar Saskhya saat ditemui di Hotel Ayana Mid Plaza, Kamis (5/12/2019).


Pemicu dad shaming tak hanya berawal dari kekhawatiran yang kerap kali dirasakan ibu baru saat mengasuh anak. Opini berlebihan yang terkesan menyalahkan perilaku ayah saat mengasuh anak juga menjadi pemicu dad shaming.

"Menjadi dad shaming ketika opini ibu membuat si ayah akhirnya jadi malas atau nggak percaya diri. Jadi nggak mau berlama-lama main sama anak karena dia belum selesai melakukan progressnya sudah dikritik terus, jadi nggak selalu berawal karena ayahnya kurang hands on," pungkas Saskhya.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)