Senin, 16 Des 2019 17:10 WIB

Mmmuahh! 5 Penyakit Ini Bisa Menular Lewat Ciuman

Nurul Khotimah - detikHealth
Ciuman bisa menularkan berbagai jenis kuman (Foto: thinkstock)
Jakarta - Berbagai penelitian menyebut berciuman bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang bisa menangkal stres. Tapi hati-hati, berciuman juga berisiko saling menularkan kuman-kuman penyebab penyakit

Seperti remaja asal Florida, Ariana Rae Delfs (17) yang dinyatakan meninggal akibat serangan stroke. Mengejutkan karena serangan stroke ini dipicu oleh infeksi mononukleus atau 'penyakit berciuman'.

Bukan hanya itu, dirangkum dari Self berikut beberapa kemungkinan penyakit yang akan timbul akibat berciuman.



1. Herpes
Terdapat beberapa jenis herpes, pada kasus berciuman jenis herpes yang mungkin timbul adalah Herves Simplex 1 (HSV-1) atau herpes oral. Kadang-kadang jenis herves ini muncul karena luka dingin di dalam dan sekitar mulut.

"Jika Anda mencium seseorang dengan lesi di mulutnya, selaput lendir membuat herpes mudah ditularkan," kata Idries Abdur-Rahman, M.D., ob-gyn, dikutip dari Self, Senin (16/12/2019).

Jadi, ketika seseorang mengidap HSV-1 dan berciuman ia akan menularkan virus ini pada pasangannya. Dalam jangka panjang penularan ini juga akan menyebar ke area kelamin.

2. Sifilis
Salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang populer di telinga adalah sifilis (raja singa). Perkembangan luka penyakit ini adalah area mulut. Maka berciuman akan dengan mudah menularkannya. Namun berciuman bukanlah cara paling umum untuk menularkan sifilis (seks oral), anal, dan vagina masih berperingkat lebih tinggi.

3. Meningitis
Beberapa meningitis disebabkan oleh bakteri sementara kasus-kasus lain muncul karena virus (termasuk virus herpes). Bakterial meningitis biasanya jenis yang terkait dengan wabah karena bakteri dapat menyebar melalui kontak dekat, termasuk ciuman. Gejalanya meliputi leher kaku, demam, dan sakit kepala.

Chris Carpenter, M.D., kepala bagian Penyakit Menular dan Obat Penyakit Dalam di Rumah Sakit Beaumont di Royal Oak, Michigan, mengatakan, kontak yang dekat dengan seseorang yang menderita meningitis dapat menyebabkan Anda terkena virus, tetapi sepertinya tidak akan benar-benar berubah menjadi meningitis.



4. Mononukleosis
Mononukleosis atau penyakit ciuman disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui ciuman. Salah satu tanda khasnya adalah kelelahan hebat, meskipun yang lain termasuk sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Menurut Mayo Clinic, perawatan utamanya melibatkan istirahat di tempat tidur, nutrisi yang baik dan minum banyak cairan.

5. Gingivitis
Gingivitis merupakan penyakit yang penularannya melalui mulut yang disebabkan oleh bakteri. Dengan berciuman dapat menyebarkan bakteri ini lebih cepat dan menularkannya. Bakteri tersebut dapat menyebabkan radang gusi, yang merupakan bentuk penyakit gusi ringan.

Ketika menyebarkan melalui berciuman risiko yang akan terjadi adalah gusi merah meradang yang menandakan gingivitis, kata Pruett, DMD, pendiri Flossolution. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menjaga kesehatan mulut yang sangat baik, yaitu menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi sebelum tidur.



Simak Video "Kemenkes RI Sebut Belum Ada Vaksin untuk Virus Corona China"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)