Kamis, 19 Des 2019 21:00 WIB

Pakai BPJS, Tebus Obat Kok Masih Bayar? Ini Kata YLKI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pengguna JKN masih harus membayar untuk tebus obat. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Pasien yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tak seharusnya mengeluarkan uang untuk menebus obat. Hal ini disinggung Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi.

Ditemui di RS Jantung Harapan Kita, Tulus mengaku masih mendapat aduan terkait permasalahan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain menyangkut antrean, salah satu yang sering ditemukan adalah aduan tebus obat di luar rumah sakit.

"Kemudian juga misalnya ada konsumen atau pasien yang masih diminta untuk membeli obat di luar apotek di rumah sakit, bayar, harusnya itu kan sudah ditanggung JKN," jelasnya, Kamis (19/12/2019).

Tulus mengharapkan dengan adanya layanan siap membantu (SATU) BPJS diharapkan akan mengatasi persoalan yang ada secara cepat.

"Karena konsumen mengadu itu kan akan lebih efektif kalau ada beberapa petugas di lapangan, sehingga masalah-masalah yang dihadapi bisa langsung selesai dan persoalan-persoalan bisa langsung diatasi. Saya kira SATU ini untuk menjembatani, memudahkan akses pengaduan yang ada, sehingga keluhan-keluhan bisa diatasi dengan cepat," pungkasnya.




Simak Video "Anteng di Rumah Tetap Bisa Dapat Fasilitas BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)