Kamis, 02 Jan 2020 17:38 WIB

Penyebab Korban Banjir Meninggal, Hipotermia Artinya Apa?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Korban banjir banyak terserang hipotermia (Foto: Ari Saputra) Korban banjir banyak terserang hipotermia (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Korban banjir banyak yang mengalami hipotermia. Sebanyak 16 orang meninggal saat banjir melanda sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Disebut dalam laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tiga di antaranya meninggal karena mengalami hipotermia. Apa itu penyakit hipotermia?

Menurut dr Anita Kurniasih, dari Puskesmas Kecamatan Mampang, hipotermia adalah suatu kondisi tubuh di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Hipotermia bisa membuat orang meninggal jika tidak kunjung mendapatkan penanganan yang tepat. Jika didiamkan dan tak kunjung mendapatkan penanganan, hipotermia mulanya menyebabkan orang menjadi tidak sadar.

"Ya jadi karena hipotermia dia suplai oksigennya jadi berkurang ya, suplai oksigen ke otak berkurang, akhirnya bisa menyebabkan nggak sadar juga," ujarnya saat ditemui detikcom Kamis (2/1/2020).


Menurut dr Anita pencegahan yang bisa dilakukan jika terkena hipotermia salah satunya adalah segera melepaskan pakaian basah, dan mulai mengonsumsi minuman hangat. Gejala awal yang harus diwaspadai saat sedang hipotermia adalah badan yang menggigil. Namun, menggigil yang dirasakan saat sedang hipotermia berbeda dengan gejala menggigil yang disebabkan karena penyakit lain.

"Beda kalau misalnya hipotermia ini kan memang lingkungan sekitarnya sudah dingin kemudian dia tidak ada penyakit sebelumnya, ya kalau misalnya penyakit lain kalau misalkan menggigil, menggigilnya itu karena dia sudah ada penyakit sebelumnya," tambahnya.

Pencegahan hipotermia juga bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satu yang disarankan dr Anita yaitu segera mengganti baju basah yang sudah melekat di tubuh dalam waktu lama.

"Sebaiknya kalau baju basah segera ganti dengan pakaian kering ya. Nah jadi, saat dia aktivitas yang lain-lain jadi dia sudah memakai baju yang kering. Baju basah saat dia terendam air banjir itu penyebab utama yang bisa membuat gejala pertama hipotermia muncul, menggigil," pungkasnya.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)