Jumat, 03 Jan 2020 14:07 WIB

Terpaksa Pakai Genset Saat Mati Lampu? Ini Tips Agar Tak Keracunan Asap

Nurul Khotimah - detikHealth
Suasana banjir di Pesing Garden, Jakarta Barat. (Kadek-detikcom)
Topik Hangat Keracunan Asap Genset
Jakarta - Banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya menyebabkan beberapa wilayah diberlakukan pemadaman listrik. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi bahaya sambaran arus listrik jika terkena air. Beberapa orang terdampak memilih alternatif lain untuk mendapatkan aliran listrik seperti memakai genset.

Namun baru-baru ini satu keluarga di Pulo Gadung, Jakarta Timur tewas diduga akibat keracunan asap genset. Bahaya gas CO (karbon monoksida) yang terkandung dalam asap dapat mengakibatkan seseorang kekurangan oksigen. Sehingga dapat menyebabkan keracunan bahkan meninggal dunia jika terlalu banyak menghirupnya.

Menurut ahli paru, dr. Erlang Samoedro, Sp.P di RS Persahabatan, kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami hipoksia karena kekurangan oksigen dalam darah dan dapat menyebabkan seseorang meninggal.



Meski begitu, genset dinilai sangat berguna ketika mati lampu. Untuk itu penggunaannya yang perlu lebih diperhatikan jangan sampai asapnya terhirup oleh tubuh.

Agar tetap dapat menggunakan genset saat mati lampu, dokter menyarankan untuk meletakan genset di ruang terbuka bukan tertutup. Ini berguna agar gas CO dapat keluar bebas dan tidak terhirup oleh manusia.

"Supaya bisa keluar dan didilusi (dibuat menyebar) oleh udara bebas. Jadi kadar CO-nya bisa turun," saran dokter, saat dihubungi detikcom, Jumat (3/1/2020).



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Keracunan Asap Genset