Jumat, 03 Jan 2020 15:03 WIB

Tewaskan Sekeluarga di Jaktim, Ini Bahaya Pakai Genset di Dalam Ruangan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Penggunaan genset dalam rumah bisa sebabkan kematian. (Foto: Agung Pambudhy) Penggunaan genset dalam rumah bisa sebabkan kematian. (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Keracunan Asap Genset
Jakarta - Sekeluarga di Pulo Gadung, Jakarta Timur, meninggal dunia diduga akibat terhirup gas karbon monoksida dari genset. Dalam penuturan saksi, genset tersebut diletakkan dan dinyalakan di dalam ruangan saat mati lampu.

"Jadi pas lampu mati, ini korban menyalakan genset di kamar, korban kan ngontrak satu kamar. Habis itu, mereka tidur, tanggal 2 ya, jam 3 pagi genset itu mati menurut saksi kakak iparnya," tutur Kapolsek Pulo Gadung Kompol Lindang Lumban, kepada detikcom.

Ada alasan generator atau genset tak boleh diletakkan apalagi dinyalakan dalam rumah. Selain mengandung gas beracun, genset juga mudah meledak dan terbakar.


Bahkan, komisi keamanan produk di Amerika Serikat telah mewajibkan produsen generator untuk memasang label peringatan agar memperingatkan konsumen tentang bahaya karbon monoksida. Menggukanan genset di dalam ruangan benar-benar mematikan dan bisa membunuh dalam waktu sekejap.

Solusi yang paling bisa dilakukan adalah menyalakan genset sejauh mungkin dari rumah, setidaknya 3 meter dari rumah dan jangan mengarahkan tempat keluarnya gas ke rumah.

Jangan biarkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Selalu simpan generator di luar ruangan.



Simak Video "Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Keracunan Asap Genset