Rabu, 08 Jan 2020 20:10 WIB

Unpam Akui 'Secara Khusus' Larang Wanita Merokok

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Mahasiswa merokok dekat plang larangan merokok untuk mahasiswi. (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth) Mahasiswa merokok dekat plang larangan merokok untuk mahasiswi. (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Kawasan tanpa rokok (KTR) di Universitas Pamulang (Unpam) jadi perhatian usai viral plang larangan merokok untuk wanita. Plang dipasang di area kantin dan pantauan detikcom melihat beberapa mahasiswa terlihat bebas merokok di sekitarnya.

Terkait hal tersebut Wakil Rektor III Unpam Muhammad Wildan menjelaskan bahwa larangan merokok sebetulnya berlaku secara umum. Mengapa kemudian ada plang merokok untuk mahasiswi atau wanita dijelaskan karena awalnya area itu ramai oleh perokok wanita.

Kita juga telah melakukan berbagai macam aturan untuk menindak. Tapi untuk perempuan, kita secara khusus tidak memperbolehkan itu.Wakil Rektor III Unpam Muhammad Wildan


"Iya tidak boleh juga pastinya (pria merokok). Kita sidak. Ada yang merokok di lokasi ini kita langsung sidak, dikumpulkan, dan dipanggil ortunya," kata Wildan pada detikcom, Rabu (8/1/2019).

Larangan merokok khusus wanita ada di kantin Universitas Pamulang.Larangan merokok khusus wanita ada di kantin Universitas Pamulang. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth

Lalu mengapa ada mahasiswa yang tampak bebas merokok di kantin?

Wildan mengaku memang masih ada tantangan menegakkan KTR di beberapa area kampus. Untuk mengatasinya pihak kampus mengandalkan inspeksi mendadak.

"Kalau di kantin masih ada itu memang kendala untuk melarang mahasiswa merokok. Ini kan sesuatu hal yang membutuhkan proses dan waktu," kata Wildan.

"Kita juga telah melakukan berbagai macam aturan untuk menindak. Tapi untuk perempuan, kita secara khusus tidak memperbolehkan itu," pungkasnya.

Spanduk larangan merokok untuk umum di kampus Unpam.Spanduk larangan merokok untuk umum di kampus Unpam. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth




Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)