Kamis, 09 Jan 2020 10:18 WIB

Apa Maksud 'Sanksi Dikeluarkan' dalam Larangan Merokok Khusus Wanita?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sanksi dikeluarkan bikin keder para pelanggar aturan kontroversial ini (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth) 'Sanksi dikeluarkan' bikin keder para pelanggar aturan kontroversial ini (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Larangan merokok untuk mahasiswi di Universitas Pamulang (Unpam) viral, meski belakangan diluruskan bahwa mahasiswa atau laki-laki juga tidak boleh merokok. Hal lain masih jadi perbincangan, yakni soal sanksi dikeluarkan. Seberat itukah sanksinya?

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unpam, Dr Muhammad Wildan, menegaskan sanksi tersebut dijatuhkan melalui prosedur berjenjang.

"Prosedur dikeluarkannya tentu ada berapa tahapan. Sederhananya ada SP 1, 2, dan 3 buat mahasiswa. Bila ditemukan hingga 3 kali, itu (dikeluarkan) baru berlaku," jelasnya saat ditemui detikcom di ruang kerjanya di Unpam, Tangerang Selatan, Rabu (8/1/2020).

Dalam surat edaran yang kami keluarkan baru-baru ini, mahasiswa yang kedapatan merokok akan diberikan sanksi untuk menulis artikel ilmiah popular. Ini karena kami mengusung program yang mengubah kenakalan, menjadi produktivitas berkaryaWakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unpam, Dr Muhammad Wildan


Wildan mengatakan, mahasiswa atau mahasiswi yang terbukti melanggar peraturan tersebut juga akan diberikan pembinaan dari pihak kampus. Orang tua atau wali dari mereka akan dipanggil untuk menyampaikan pelanggaran yang telah dilakukan anaknya.

Agar peraturan ini berjalan dengan baik, Wildan mengungkapkan adanya dosen di bidang kemahasiswaan yang patroli untuk memantau.

"Kami ada dosen di bidang kemahasiswaan yang memantau. Bila kedapatan (melanggar peraturan), mereka akan langsung disita KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan diberikan sanksi yang berlaku," ujarnya.

"Dalam surat edaran yang kami keluarkan baru-baru ini, mahasiswa yang kedapatan merokok akan diberikan sanksi untuk menulis artikel ilmiah popular. Ini karena kami mengusung program yang mengubah kenakalan, menjadi produktivitas berkarya," jelasnya.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)