Kamis, 09 Jan 2020 18:30 WIB

Ciri-Ciri Cemburu Tidak Sehat yang Merugikan Pasangan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ciri-ciri cemburu yang tidak sehat dalam suatu hubungan. Foto ilustrasi: iStock Ciri-ciri cemburu yang tidak sehat dalam suatu hubungan. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Dikaitkan dengan kasus pembunuhan hakim PN Medan, Jamaluddin, rasa cemburu ternyata bisa mendorong seseorang untuk berbuat buruk. Rasa cemburu yang tidak sehat seperti ini dapat menimbulkan perilaku yang berlebihan bahkan merugikan orang lain.

Psikolog klinis sekaligus penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan cemburu yang tidak sehat sebenarnya dapat membuat diri sendiri dan orang lain terganggu dan tidak nyaman. Seperti kasus ini, si istri tidak segan untuk menghabisi korban yang merupakan suaminya sendiri.

"Contoh seperti kasus tersebut, cemburu yang berlebihan dan nggak sehat bisa menghasilkan perilaku yang bisa merugikan dia dan orang lain," ujarnya pada detikcom, Kamis (9/1/2020).


Diwawancarai terpisah, Gracia Ivonika seorang psikolog dari Personal Growth mengatakan rasa cemburu bisa tidak sehat saat cemburu itu tidak didasari dengan alasan dan bukti yang jelas. Selain itu, si pasangan akan merasa dibatasi dan semakin tidak nyaman dalam menjalani hubungan.

Ivon mengatakan, saat rasa cemburu dan curiga muncul, orang itu tidak bisa membuat keputusan dengan baik. Bukannya baik, hasilnya yang di dapat malah sebaliknya.

"Saat merasa cemburu yang berlebihan seperti ini membuat keputusan apapun yang diambil malah akan berdampak buruk. Bahkan keputusan itu akan menyakiti pasangannya. Misalnya mempermalukan pasangan, melakukan kekerasan verbal atau fisik, hingga membunuhnya seperti ini," tuturnya.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)