Senin, 13 Jan 2020 10:00 WIB

Lupakan Superfood, Minum Teh Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minum teh bisa kurangi risiko penyakit jantung. (Foto: iStock)
Jakarta - Secangkir teh sehari disebut bisa menjauhkanmu dari berbagai penyakit bahkan memperpanjang umur. Demikian menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology.

Para peneliti menyarankan bahwa minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke serta hidup yang lebih lama.

Para ahli mengatakan manfaat kesehatan pada peminum teh dikaitkan dengan polifenol atau bahan kimia organik yang ditemukan dalam teh hitam dan hijau.


Guy L. Mintz, direktur kesehatan jantung dan lipidologi di Rumah Sakit Jantung Sandra Atlas Bass Northwell Health di New York, mengatakan bahwa polifenol diketahui memiliki manfaat kardiovaskular. "Manfaat ini termasuk peningkatan fungsi pembuluh darah dan lebih sedikit penyempitan," ujarnya dikutip dari Healthline.

Studi jangka panjang dari Akademi Ilmu Kedokteran China di Beijing melacak lebih dari 100 ribu peserta tanpa riwayat serangan jantung, stroke atau kanker. Kelompok ini dibagi dua, mereka yang minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dan yang tidak.

Setelah masa tindak lanjut selama rata-rata 7 tahun, peneliti menemukan bahwa mereka yang minum teh lebih sering cenderung tetap sehat untuk jangka waktu yang lebih lama.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)