Senin, 13 Jan 2020 17:16 WIB

Istri Bercinta di Samping Suami Tidur, Ini 8 Alasan Pasangan Selingkuh

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada beberapa alasan dasar pasangan selingkuh. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang istri di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dibacok suaminya usai ketahuan selingkuh. Kasus ini membuat heboh karena sang istri nekat bercinta dengan selingkuhannya di samping suami yang tidur.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa Iptu Faesal Afrihadi menjelaskan peristiwa perselingkuhan tak biasa itu terjadi pada Jumat (10/1) lalu. Selingkuhan si istri lari tunggang langgang saat ketahuan. Sementara si istri dianiaya AP, suaminya yang tiba-tiba terbangun.

"Jadi si selingkuhan itu ke Polsek Kuta. Tapi karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan, saya sarankan diamankan ke Polres," ujar Iptu Faesal kepada wartawan, Senin (13/2/2020).

Terkait fenomena perselingkuhan, psikolog sosial Theresa E. DiDonato dari Loyola University Maryland menjelaskan biasanya hal ini didasari oleh beberapa alasan. Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Psychology Today:


1. 'Kehabisan' cinta

Survei yang dilakukan pada beberapa studi menemukan sebagian besar orang (77 persen responden) mengaku selingkuh karena alasan tak lagi cinta.

"Kadang (meski tak selalu) sebuah defisit dalam suatu hubungan mendorong orang-orang untuk mencari hubungan gelap," kata Theresa.

2. Bosan

Alasan lain yang membuat orang-orang selingkuh adalah bosan. Theresa menjelaskan suatu hubungan bisa saja tampak berjalan lancar, namun karena tidak ada variasi pasangan jadi merasa bosan.

Perselingkuhan dianggap (74 persen responden) menjadi cara untuk keluar dari kebosanan tersebut.

3. Merasa diabaikan

Hampir sama seperti perasaan sudah tidak cinta, sekitar 70 persen responden mengaku merasa diabaikan jadi motivasi untuk selingkuh.

"Lebih banyak wanita menggunakan alasan ini untuk selingkuh daripada pria," ungkap Theresa.

4. Faktor situasi

Tidak semua kasus perselingkuhan didorong oleh rasa tidak puas pasangan dengan hubungannya. Beberapa mengaku ada yang selingkuh akibat faktor situasi seperti misalnya karena mabuk atau menghadapi kesempatan tak terduga.


Selanjutnya
Halaman
1 2