Rabu, 15 Jan 2020 13:15 WIB

Mengenal Ftalat, Zat Racun Saat Merebus Mi Instan Bareng Bungkusnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral tukang bakso merebus mi instan sekaligus dengan bungkusnya (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Ramai diperbincangkan di media sosial pedagang bakso merebus mi instan secara sekaligus dengan bungkusnya. Menurut ahli kimia, plastik mi instan mengandung ftalat atau phthalate dan akan berbahaya bila direbus secara bersamaan.

Ahli kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Andreas mengatakan ftalat berfungsi untuk membuat plastik jadi elastis.

"Ftalat atau Ester ftalat itu banyak dipakai sebagai platicizer sehingga plastik jadi lebih fleksibel gitu," kata Andreas kepada detikcom, Rabu (15/1/2020).



"Itu kalau misalnya dimasukan ke dalam air panas, Ester ftalat (bentuk lain dari ftalat) yang dipakai bisa bermigrasi ke air rebusan tersebut," lanjutnya.

Disinyalir kandungan di dalam ftalat bisa menyebabkan kanker. Menurutnya produsen telah mengedukasi masyarakat, melalui tata cara pengolahan makanan yang tepat.

"Sebagai contoh kalau misalnya bikin mi itu kan nggak pernah ada instruksi, masukan bungkusnya sekaligus. Itu adalah salah satu cara pabrikan mengedukasi, supaya zat-zat toksik itu tidak bermigrasi," pungkasnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)