Sabtu, 18 Jan 2020 08:00 WIB

Alasan Pria Duduk Ngangkang di KRL: Ada yang Mengganjal!

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Alasan pria duduk ngangkang di KRL. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta - Pria umumnya punya kebiasaan duduk dengan posisi ngangkang. Tapi, jangan lakukan posisi duduk ini saat diKRL ya, bisa jadi kamu kena tegur dan disuruh pindah ke kereta lain.

Salah satu penggunak, Hendra, mengaku sering duduk dengan posisi ngangkang saat di KRL. Alasannya, posisi duduk seperti itu membuat ia lebih nyaman. Selain nyaman, ia juga menjelaskan alasan lain.

"Karena ada yang mengganjal," jawabnya, terkekeh.

Memangnya benar ya banyak pria duduk ngangkang karena ada yang mengganjal?

Ahli ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Dr dr Andri Lubis, SpOT(K), menjelaskan alasan kebanyakan pria sering duduk ngangkang.

"Pada kebanyakan orang duduk ngangkang karena kebiasaan saja. Nggak ada kaitannya dengan alasan ada yang mengganjal," tegasnya saat dihubungi detikcom, Jumat (17/1/2020).

Menurut Dr Andri, kemungkinan pria duduk ngangkang karena terbiasa duduk dengan posisi seperti itu. Selain itu, menurutnya bisa jadi orang tersebut memiliki paha yang lebih lebar, sehingga ia lebih nyaman duduk dengan posisi ngangkang.

Hal yang sama dijelaskan dr Andri Primadhi, SpOT(K), dari RSUP Hasan Sadikin Bandung. Menurutnya, posisi duduk ngangkang tidak ada kaitannya dengan faktor anatomi pria.

"Memang normal saja kalau itu," katanya.

Jadi, para pria jangan beralasan seperti itu lagi ya. Cobalah untuk lebih peduli lingkungan sekitar dengan berbagi tempat duduk, karena KRL itu adalah transportasi umum.


Simak Video " Seberapa Amankah Penggunaan Pil KB untuk Pria?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)