Senin, 20 Jan 2020 12:00 WIB

Heboh Sunda Empire, Tanda Punya Gangguan Halusinasi dan Delusi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Heboh Sunda Empire. Foto: Tangkapan layar di facebook yang viral
Jakarta - Setelah Keraton Agung Sejagat di Purworejo, kini muncul kembali hal yang serupa bernama Sunda Empire-Earth Empire. Kelompok Sunda Empire yang didirikan oleh Raden Rangga atau HRH Rangga ini diklaim mampu menghentikan nuklir dengan empire system.

Ahli kejiwaan dr Lahargo Kembaren, SpKJ, dari RSJ Marzoeki Mahdi, Bogor, menyebut seseorang yang gemar mengaku punya jabatan tinggi dan hebat adalah gejala dari gangguan kejiwaan.

"Berita tentang adanya orang yang merasa dirinya memiliki kehebatan, kedudukan, jabatan hebat tertentu padahal kenyataannya tidak demikian mengarah pada gejala dari gangguan psikosis," katanya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Psikosis adalah gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang membedakan mana yang nyata atau tidak atau kesulitan membedakan khayalan dan realita.


"Adapun tanda dan gejala dari gangguan ini adalah halusinasi atau gangguan persepsi panca indera seoerti mendengar suara, bisikan, melihat bayangan, mencium bau-bauan yang semuanya tidak ada sumbernya," sebutnya.

Selain itu, gejala yang lain adalah delusi atau keyakinan, pikiran dan persepsi yangsalah terhadap suatu hal yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Dijelaskan oleh dr Lahargo, penyebab psikosis yang diduga dialami oleh petinggi Sunda Empire dan Keraton Agung Sejagat adalah gangguan keseimbangan zat kimia di dalam saraf otak. Gangguan ini bisa terjadi bila ada kelelahan fisik dan psikis disertai kapasitas mental yang kurang baik.

"Apabila tidak ditangani dengan baik maka gangguan psikosis bisa berkelanjutan menjadi gangguan jiwa berat seperti skizofrenia," pungkasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)