Kamis, 06 Feb 2020 10:06 WIB

Stok Masker N95 Kosong di Mana-mana, Mungkin Ini Penyebabnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wabah virus Corona dari China memang cukup membuat warga di seluruh penjuru dunia harus bersiap siaga. Pasalnya, hingga kini ratusan korban jiwa telah menjadi korbannya. Ilustrasi orang memakai masker n95. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Masker rupanya jadi sering dicari, beberapa apotek mengaku sudah kehabisan stok. Salah satunya di Pasar Pramuka yang sempat detikcom survei (5/2/2020) kemarin, mengaku banyak orang yang mencari masker. Di Pasar Pramuka yang merupakan salah satu sentra pembelian masker partai besar, pedagang juga mengaku kesulitan menambah stok, khususnya masker N95.


Apa sih yang menyebabkan stok masker menipis di pasaran?

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menjelaskan kemungkinan persediaan stok masker habis di pasaran karena saat ini tengah mewabah virus corona.

"Ini kan sebenarnya dampak kepanikan dari adanya virus corona ya, kalau tidak kan tidak terjadi hal yang seperti ini," jelasnya saat dihubungi detikcom, Kamis (6/2/2020).

Menurutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) harus lebih serius untuk segera turun tangan dalam menghadapi fenomena ini. Persoalan harga juga disinggung Tulus agar selalu diawasi di lapangan.

"Ini yang utama adalah harga, jadi harga yang wajar saya kira dalam hal urgensi ini mestinya kan Kemenkes sudah menetapkan Harga Ecerean Tertinggi (HET), produk-produk farmasi kan termasuk obat, termasuk saya kira masker kan bagian dari situ, jadi harga eceran tertinggi itu lah yang ditetapkan dan kontrol di lapangan seperti apa," tambahnya.



Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)