Minggu, 09 Feb 2020 07:00 WIB

Nonton Drakor Sambil Rebahan Surga Duniawi, Tapi Kenali Juga Risikonya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sleepy asian woman in white bed, dropped smart phone on face Kelamaan nonton drama Korea bisa merusak mata (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi sebagian besar orang, menghabiskan akhir pekan di rumah dengan nonton drama Korea rasanya jauh lebih mending daripada nongkrong di luar dan menghabiskan waktu berjam-jam di jalan. Terlebih kalau nonton drama Korea-nya sambil rebahan, sungguh nikmat mana lagi yang kamu dustakan?

Tapi para Kpopers pasti paham, nonton drama Korea tuh bisa bikin kita lupa waktu. Tahu-tahu, 5 episode yang setara dengan lima jam lebih terlewati dengan singkat. Duh, kalau begini kasihan mata kamu.

"Nonton di HP membuat mata bekerja terus menerus. Jangankan mata, tangan dan tubuh kalau bekerja terus menerus akan jadi kelelahan," tutur spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Elvioza SpM(K), kepada detikcom yang ditulis Minggu, (9/2/2020).

Efeknya pun bisa beragam. Bisa jadi anatomi mata kamu berubah karena kebanyakan nonton drakor. Jika mata melihat dekat dengan jarak kurang dari 6 meter, bola matamu tentu akan bekerja lebih keras daripada biasanya.

"Jadi kalau mata dipaksa melihat dalam waktu lama, segala macam keluhan bisa terjadi. Capek, pusing dan sebagainya. Kalau bekerja lebih dekat ya mata lebih mengkerut dan progresifitas minusnya akan lebih cepat," jelasnya.

Terlalu sering melihat dengan jarak dekat bisa saja membuatmu mengalami gangguan kacamata lho. Meski memang secara anatomi, perubahan ukuran kacamata pada usia di atas 18 tahun lebih kecil daripada mereka yang masih anak-anak.

Eits bukan cuman itu saja. Kelamaan nonton drakor sambil rebahan bisa bikin kamu mager yang akhirnya membuat aktivitas fisik berkurang. Nonton drakor boleh, tapi jangan lupa ingat waktu ya.

"Duduk, makan, tiduran, rebahan, nonton dekat, ya itu saja terus menerus bukan cuma matanya yang kena tapi akan obesitas juga dan badan tidak sehat," pungkasnya



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)