Minggu, 09 Feb 2020 11:00 WIB

Tips Istirahatkan Mata Usai Nonton Drakor Berjam-jam

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The long haired teenager girl in the bed at the early morning Banyak yang sakit mata karena kebanyakan nonton drakor. (Foto: iStock)
Jakarta -

Episode terbaru drama Korea kesayanganmu sudah tayang. Kamu sudah siap dengan ponsel dan telah menemukan posisi yang 'pewe' untuk nonton. Kalau begini, tahu-tahu 5 episode tanpa jeda bisa langsung terlewati.

Kalau sudah muncul tanda-tanda mata lelah seperti mulai memerah atau perih, mending mata diistrahatkan saja dulu ya. Spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Elvioza SpM(K), membagikan tips mengistirahatkan mata yang lelah setelah kebanyakan nonton drakor.

"Melihat jauh lebih dari 6 meter dan melihat pemandangan yang hijau," katanya kepada detikcom yang ditulis Minggu, (9/2/2020).

Disebutkan bahwa warna hijau dapat memberikan sensasi mata lebih nyaman. Beberapa ilmuwan juga percaya mata berada di puncak persepsi untuk mendeteksi panjang gelombang yang membuat sistem saraf dapat merasakan rileks saat melihat warna hijau.

Selain itu perhatikan sudah berapa lama waktu yang terlewati saat menikmati tayangan favoritmu. Meski tidak menimbulkan efek jangka panjang, mengistirahatkan mata sejenak setelah nonton drakor lima jam adalah hal yang tentu saja bijak.

"Yang penting selang waktu istirahatnya. Kalau lihat satu dua jam, istirahat dulu. Kalau ada waktu istirahat gunakan sebaik-baiknya, jangan lihat gadget lagi," paparnya.

Selain itu, tidur yang cukup adalah kunci kesehatan mata yang berkualitas karena memungkinkan mereka untuk beristirahat, memperbaiki, dan pemulihan. Jadi jangan begadang sampai jam 3 pagi hanya untuk nonton drama Korea ya!



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)