Minggu, 09 Feb 2020 09:00 WIB

Dear Kpopers, Catat Tanda-tanda Mata Lelah karena Kebanyakan Nge-Drakor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Drama Korea Because This Is My First Life Drama Korea Because This Is My First Live. (Foto: tvN)
Jakarta -

Akhir pekan rasanya waktu paling pas untuk nonton drama Korea favorit yang episode barunya tayang dua hari lalu. Tapi selalu ingat tanda-tanda matamu sudah lelah dan harus istirahat karena sudah kebanyakan nonton.

"Mata lelah tuh manifestasinya banyak. Mata jadi sepet, capek, buram, atau mata akan jadi malas, jadi ngantuk," sebut spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Elvioza SpM(K), kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Kalau sudah terlampau lelah, mata akan terasa mengganjal seperti ada benda asing, terasa panas dan perih, hingga mata menjadi memerah. Gejala ini juga kadang disebut dengan Computer Vision Syndrome atau Digital Eye Strain.

Mengutip American Optometric Association, Digital Eye Strain adalah masalah penglihatan yang terjadi dari penggunaan komputer, tablet, atau ponsel yang berkepanjangan. Tanda-tanda mata sudah lelah juga meliputi:

- Mata terasa terbakar atau gatal

- Penglihatan kabur atau ganda
- Sakit kepala
- Nyeri leher, bahu, atau punggung
- Meningkatnya sensitivitas pada cahaya
- Mata sulit dibuka

"Tiap orang gejalanya berbeda tapi kurang lebih akan mengalami hal yang dari disebutkan," terangnya.

Mata lelah memang tidak menimbulkan konsekuensi serius atau permasalahan jangka panjang. Tapi itu bisa membuatmu merasa tidak nyaman dan mengurangi kemampuan konsentrasi.



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)