Minggu, 09 Feb 2020 13:00 WIB

Nonton Drakor di Ponsel, Berapa Lama Batas Waktu yang Dianjurkan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Main Hp Malam Hari Nonton drakor bikin lupa waktu. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Nonton drama Korea kini nggak perlu lagi lewat komputer atau laptop. Di ponsel pintar juga sudah tersedia banyak aplikasi yang memudahkan para Kpopers untuk menikmati tayangan drama Korea favorit mereka.

Sayangnya kadang kala waktu berlalu begitu cepat hingga tidak sadar, matamu sudah perih karena nonton drakor berjam-jam. Hmm.. tapi kira-kira ada batas waktu nggak sih nonton di ponsel?

"Anatomi mata tiap orang nggak sama. Ada orang yang pakai hp 5 jam, tetap matanya nggak berubah tapi ada juga yang satu jam bisa berubah," kata spesialis mata dari Jakarta Eye Center, dr Setiyo Budi Riyanto

Perubahan anatomi mata yang dimaksud adalah mata minus, silinder, atau plus di kemudian hari. Meski demikian, ada batas waktu penggunaan ponsel yang dianjurkan. Nggak hanya soal nonton drakor, sekadar berselancar di sosial media pun ada batas waktunya lho.

Penelitian dari University of Oxford menyebut batas waktu paling ideal untuk melakukan aktivitas online adalah 257 menit atau sekitar 4 jam 17 menit dalam sehari. Di atas itu, penggunaan gadget tidak hanya bisa merusak mata dapat mengganggu kinerja otak.

Intinya, kalau merasa sudah tidak nyaman, terutama di bagian mata, mending setop dulu ya nontonnya. Boleh dilanjutkan beberapa jam kemudian atau mungkin, besok?



Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)