Rabu, 19 Feb 2020 11:15 WIB

Viral Spekulasi Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ashraf sinclair Beredar spekulasi penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair di medsos. (Foto: instagram @bclsinclair)
Jakarta -

Belum lama setelah pemakaman almarhum Ashraf Sinclair, aktor sekaligus suami dari Bunga Citra Lestari, beredar pesan mengenai penyebab meninggalnya yang diduga akibat penyakit tertentu.

"Suami BCL katanya meninggal karena serangan jantung, dalam usia 40 tahun. Ada teman dokter yang bilang kemungkinan karene GERD yang menekan jantung hingga tidak berfungsi," tulis pesan viral tersebut.

Dalam pesan tersebut dituliskan bahwa GERD atau Gastro Esofagial Reflux Disease yang biasanya dikenal sebagai asam lambung dapat menyebabkan kematian mendadak. Pengirim pesan menyertakan nama dokter yang tercantum sebagai dr Imam Susilo.

Pesan berantai dengan narasi nyaris sama sebenarnya sempat viral dan heboh di dunia maya beberapa waktu yang lalu. Kali ini, pesan tersebut diviralkan lagi dengan versi meninggalnya Ashraf Sinclair.

Soal nama dokter yang tercantum dalam pesan tersebut, detikcom pernah melakukan penelusuran lewat situs KKI atau Konsil Kedokteran Indonesia. Ditemukan, ada 2 dokter dengan nama tersebut.

Namun salah satu di antaranya memastikan bahwa dirinya bukan penulis pesan berantai itu, terlebih karena bidang yang ia dalami adalah patologi anatomi. "Sepertinya kok bukan saya ya," ujar dr Imam Susilo SpPA(K) beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk kaitan antara GERD dan serangan jantung, spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, menyebut keduanya tidak memiliki hubungan sama sekali.

"Jadi, GERD tidak menyebabkan serangan jantung apalagi menekan jantung hingga tidak berfungsi," katanya kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Disebutkan pula bahwa asam lambung tidak menyebabkan penyakit jantung. Namun yang kerap terjadi adalah serangan jantung yang mengenai bagian bawah jantung seringkali dirasakan nyeri uluhati yang mirip dengan GERD.

"Sehingga sering disalah artikan sakit maag lalu berujung meninggal. Padahal mungkin itu serangan jantung," pungkas dr Vito.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)