Sabtu, 22 Feb 2020 16:21 WIB

Orang Sakit Jantung Tak Boleh Olahraga? Ini Kata Praktisi Kebugaran

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi olahraga pound fit. Olahraga yang tepat baik untuk kesehatan jantung. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Jakarta -

Belum lama ini sempat ramai diperbincangkan antara hubungan olahraga dengan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena olahraga yang berat dan dilakukan secara berlebihan justru bisa memicu penyakit ini, terlebih bagi orang yang sudah mempunyai faktor risiko.

Lantas apakah orang yang mempunyai penyakit jantung tak boleh berolahraga?

Praktisi sekaligus pelatih kebugaran pound fit, Gwendoline Chia, mengatakan orang yang memiliki penyakit jantung sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter tentang olahraga apa saja yang diperbolehkan.

"Tergantung tingkat keparahan dari sakit jantungnya, karena biasanya olahraganya juga tergantung dari itu mau yang ringan atau berat. Tapi biasanya nggak boleh yang terlalu berat kalau penyakit jantung, apalagi kalau sudah pasang ring," kata Gwendoline, saat ditemui detikcom di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Hal ini juga didukung pelatih kebugaran pound fit lainnya, Mustika Sudiantoro. Menurutnya orang yang punya penyakit jantung mungkin harus lebih ekstra hati-hati dengan aktivitas fisik namun bukan berarti tak sama sekali olahraga.

"Ibaratnya kalau mesin juga misalnya mobil kalau nggak dipakai juga itu bisa rusak. Nah tubuh juga begitu, jadi kita tetap harus gerak, tapi sesuai dengan porsi tubuhnya masing-masing," jelas Sudiantoro.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)