Kamis, 20 Feb 2020 12:32 WIB

Saran Ahli Pencernaan Supaya GERD Bisa Sembuh Total

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Gastroesophageal reflux disease GERD on a clinic desk. Ilustrasi dokter yang sedang memberikan saran kepada pasien. (Foto: iStock)
Jakarta -

Akhir-akhir ini gastroesophageal reflux disease (GERD) menjadi buah bibir, lantaran disebut bisa sebabkan kematian mendadak. Namun faktanya penyakit ini tak bisa menyebabkan kematian secara langsung.

"GERD sebenarnya termasuk penyakit kronis jika penyakit berlanjut memang bisa menyebabkan gangguan pada paru-paru. Tetapi GERD sendiri tidak bisa menyebabkan langsung terjadinya kematian," kata ahli pencernaan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), kepada detikcom, Kamis (20/2/2020).

Menurutnya masyarakat tak perlu merasa khawatir terhadap penyakit ini, sebab seseorang yang mengalami GERD bisa disembuhkan secara total.

"Bisa disembuhkan, tapi berobatnya harus tuntas dan perbaikan gaya hidup," ucap Prof Ari.

Meskipun bisa disembuhkan, Prof Ari juga mengatakan penyakit ini bisa kambuh sewaktu-waktu bila pengidapnya membandel dan tidak lagi menerapkan pola hidup sehat.

"Tergantung gaya hidup. Banyak pasien-pasien saya sembuh, tapi jika tidak dijaga makan atau stres lagi penyakitnya bisa kambuh," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)