Jumat, 21 Feb 2020 16:24 WIB

Muncul Episentrum Baru, Dugaan Virus Corona Bermutasi Mulai Diwaspadai

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumlah orang yang positif virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang bertambah jadi 218 orang. Sebelumnya diketahui ada 175 orang positif virus itu Dugaan virus corona COVID-19 bermutasi mulai diwaspadai (Foto: Getty Images/Carl Court)
Jakarta -

Sebanyak 634 penumpang kapal pesiar Diamond Princess positif COVID-19. Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Achmad Yurianto, menyebut kapal pesiar itu sudah menjadi pusat penyebaran baru atau episentrum baru COVID-19.

Di Wuhan angka penularan masih sekitar 5 persen karena jarak antar orang lebih lebar. Di kapal Diamond Princess, angka penularan mencapai 15 persen diduga, karena mengalami kontak dekat dan kemungkinan kontak langsungnya lebih tinggi.

"Karena muncul episentrum baru maka kelompok ini dikhawatirkan muncul mutasi COVID-19. Dari beberapa referensi, kelihatannya positif tapi gejalanya makin ringan," kata pria yang akrab disapa dr Yuri kepada media di Kantor Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).


"Dari episentrum kebujakannya sekarang 2 kali episode inkubasi. Kita akan melakukan obs selama 28 hari. Kalau dari pemerintah Jepang boleh diambil maka kita melakukan observasi kesehatan 2x14 hari," pungkasnya.Bahkan, menurut penuturan dr Yuri, beberapa pasien dilaporkan positif tanpa gejala berat atau positif dengan gejala minimal. Mutasi COVID-19 disebut mulai bergeser ke arah seasonal flu atau flu biasa. Meski demikian pengawasan tetap diperketat dan masa karantina bagi pendatang dari area episentrum diperpanjang.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)