Sabtu, 22 Feb 2020 07:05 WIB

Punya Riwayat GERD? Hindari 4 Asupan Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi makan Beberapa jenis makanan bisa lebih memicu asam lambung. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Gastroesophageal reflux disease atau GERD adalah kondisi saat asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Hal ini bisa menimbulkan rasa seperti terbakar di bagian dada dan kerongkongan hingga mengalami iritasi.

Untuk para penderita GERD atau refluks asam ini tidak boleh sembarangan mengkonsumsi asupan lho. Apalagi sampai terlambat untuk sarapan.

Dikutip dari The List, ada 4 asupan yang sangat harus dihindari untuk para pengidap asam lambung atau GERD.

1. Soda

Bukan hanya untuk penderita GERD, soda juga tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Minuman berkarbonasi ini bisa menyebabkan distensi lambung yang bisa menyebabkan refluks asam.

2. Bawang

Bawang-bawangan juga bisa memperburuk refluks asam pada pengidap GERD. Selain itu, bawang mengandung serat yang tinggi dan dapat difermentasi, sehingga menyebabkan sendawa.

3. Tomat

Tomat terkenal sangat baik untuk tubuh, terutama kulit. Tapi, tomat termasuk sebagai makanan yang harus dihindari untuk pengidap asam lambung atau GERD ini.

Rasa asam yang ada pada tomat bisa memicu refluks. Entah saat dimakan mentah ataupun setelah sudah menjadi olahan seperti saus.

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak ini bukan hanya makanan cepat saji, gorengan, atau makanan yang memiliki lemak jahat lainnya. Tapi, makanan dengan lemak sehat seperti alpukat, kacang, dan keju juga harus dihindari.

Makanan yang mengandung lemak bisa membuat asam lambung bocor dan menyebabkan GERD. Makanan ini juga akan bertahan lebih lama di perut dan sulit dicerna dengan baik oleh tubuh.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)