Senin, 24 Feb 2020 14:34 WIB

Mr P Mengecil Saat Kelamaan Berendam di Kolam Renang, Kok Bisa Gitu?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ripe yellow banana splashing into clear water, black background Kenapa Mr P mengkerut saat berendam kelamaan? (Foto: Prostock-Studio)
Jakarta -

Pernyataan bahwa wanita bisa hamil karena berenang bersama pria baru-baru ini ramai diperbincangkan. Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI, sempat menyebut hal itu mungkin terjadi meski akhirnya mencabut disertai permintaan maaf.

Oleh para ahli kandungan, jelas ditegaskan bahwa hal itu keliru. Alih-alih ereksi dan mengeluarkan sperma, beberapa pria justru mengaku penisnya mengerut karena kedinginan saat masuk ke kolam renang. Mengapa bisa terjadi seperti itu?

Penis yang mengerut saat masuk kolam renang bisa jadi karena suhu udara yang dingin. Saat udara dingin, penis akan mulai mengerut, dan hal ini adalah sebuah kondisi yang normal dialami semua pria.

Mengutip Men's Health, seorang urologis mengatakan bahwa penis bisa mengkerut sampai 50 persen panjangnya. Sedangkan untuk kelilingnya bisa mengkerut sampai 20-30 persen. Semua ini bisa terjadi jika pria terekspos dalam udara di bawah 15 derajat celcius.

"Ketika pria merasa kedinginan, pembuluh darah mereka akan mengecil dan mengerut. Hal ini akan membatasi aliran darah ke penis," kata Darius Paduch, Direktur Kesehatan Seksual dan Pengobatan di Weill Cornell Medicine.



Simak Video "Dokter Boyke Bantah Renang Bareng Lawan Jenis Bisa Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)