Rabu, 26 Feb 2020 19:31 WIB

Kata dr Boyke Soal Alasan Renang dengan Lawan Jenis Tak Akan Bikin Hamil

Firdaus Anwar - detikHealth
Dokter Boyke dr Boyke beberkan alasan berenang tak bikin hamil. (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty, membuat heboh ketika menyebut wanita bisa hamil bila berenang bersama pria. Sitti menjelaskan hal ini terjadi karena sperma yang kuat dapat berenang di air kemudian masuk ke organ intim wanita membuahi sel telur.

Pengamat kesehatan seksual sekaligus ahli kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, mengomentari pernyataan tersebut. Menurut dr Boyke kehamilan tidak mungkin terjadi hanya karena berenang bersama dengan lawan jenis.

"Pertama ketika sperma itu keluar dia akan menyentuh air langsung mati dalam beberapa detik. Apalagi air yang mengandung kaporit, pasti masti. Sperma tidak bisa hidup di luar tempatnya kecuali di dalam vagina," kata dr Boyke beberapa waktu lalu.

"Sekuat apapun sperma itu. Mau dari Afrika, dari orang bule, mau orang Arab, enggak ada sperma yang kuat," lanjutnya.

dr Boyke lebih jauh menjelaskan kemampuan sperma membuahi sel telur hanya dipengaruhi oleh faktor seperti jumlah, bentuk, dan kelincahannya.

Ketakutan terhadap anggapan berenang bersama lawan jenis bisa membuat hamil bisa jadi tanda bahwa Indonesia masih minim pendidikan kesehatan reproduksi.

"Kenapa masyarakat sampai seperti ini? Akhirnya mereka takut memberikan putrinya ke kolam renang karena mereka tidak mendapatkan pendidikan seks yang cukup," pungkas dr Boyke.



Simak Video "Teman Bumil Rilis Buku soal Kehamilan dan Parenting Tanpa Galau"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)