Sabtu, 07 Mar 2020 13:01 WIB

Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Pakai Hand Sanitizer Berlebihan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
hand sanitizer di KRL Alasan tidak boleh berlebihan pakai hand sanitizer. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Jakarta -

Kabar masuknya virus corona COVID-19 ke Indonesia semakin menambah kewaspadaan masyarakat dalam menjaga kesehatan. Penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu pilihannya. Bahkan saat ini banyak fasilitas umum yang menyediakan cairan pembersih ini.

Tapi, karena kepanikan akan COVID-19 masyarakat justru berlebihan dalam memakai hand sanitizer. Dari pantauan tim detikcom, mereka menggunakannya setiap melihat botol cairan itu, di mana pun berada.

Namun, penggunaan hand sanitizer yang mengandung antibiotik (triklosan) secara berlebihan ini bisa berbahaya bagi kulit dan tubuh. Menanggapi hal ini, dokter spesialis kulit dari DNI Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, mengatakan bisa menyebabkan resistensi bakteri pada kulit.

"Itu bisa menyebabkan resistensi bakteri di kulit. Jika penggunaan lebih dari 6 kali sehari, bisa menyebabkan penurunan jumlah flora normal di kulit," jelasnya saat dihubungi detikcom, Sabtu (7/3/2020).

Selain itu, dr Darma mengatakan dampak lainnya bisa membuat kulit jauh lebih kering, sehingga mudah iritasi dan kuman mudah masuk melalui kulit.

dr Darma menambahkan, sebuah penelitian juga meneliti tentang penggunaan hand sanitizer yang mengandung triclosan pada hewan. Hasilnya, cairan itu bisa mengganggu fungsi tiroid dan kekebalan tubuh.

"Namun, penelitian ini pada manusia belum ada," imbuh dr Darma.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hand Sanitizer Digunakan Terus Menerus"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)