Minggu, 08 Mar 2020 16:35 WIB

Saran Psikolog Agar Tak Bingung Sikapi Kasus ABG Bunuh Bocah 5 Tahun

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Girl behind frosted glass Saran psikolog dalam menyikapi kejadian pembunuhan oleh ABG. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Raluca Ioana Cohn)
Jakarta -

Kejadian pembunuhan yang dilakukan oleh seorang Anak Baru Gede (ABG) membuat banyak orang khawatir, khususnya orang tua. Meski begitu belum diketahui pasti apakah anak tersebut melakukan pembunuhan karena mengalami gangguan jiwa.

Menanggapi hal tersebut, psikolog Ratih Zulhaqqi, MPsi, dari RaQQi - Human Development & Learning Centre mengimbau masyarakat khususnya orang tua untuk terlebih dahulu memahami kejadian tersebut. Menurutnya, alangkah baiknya jika kita tidak langsung menyimpulkan sesuatu yang belum jelas.

"Lebih nggak reaktif saja sih ya. Pahami situasinya seperti apa. Jadi nggak karena gara-gara mendengar headline berita yang seperti itu langsung jadi berpikir apa iya film itu mempengaruhi," katanya saat dihubungi detikcom, Minggu (8/3/2020).

Ia menyarankan orang tua untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dibandingkan terlalu khawatir menanggapi pemberitaan tersebut. Salah satunya dengan menjaga hubungan atau kedekatan dengan anak.

"Yang bisa dilakukan orang tua sekarang adalah menjalin hubungan yang lebih dekat dengan anak. Supaya kita sebagai parents punya tanggung jawab, dan lebih selektif sama mungkin apa yang ditonton anak, lebih ke arah preventif saja sih," lanjutnya.



Simak Video "Ahli Jelaskan Ciri-ciri Kecenderungan Sifat Psikopat Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)