Minggu, 08 Mar 2020 17:19 WIB

Kasus 5 Virus Corona RI dari 'Kluster' Jakarta, Apa Sih Artinya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta melakukan sterilisasi di Amigos Cafe, Kemang, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Sterilisasi ini dilakukan karena dugaan warga negara jepang yang terinfeksi virus corona pernah singgah ketempat ini. Petugas mensterilkan area yang diduga menjadi tempat penularan virus corona COVID-19 pada 'kluster' Jakarta (Foto: Grandyos Zafna)
Topik Hangat Glosarium COVID-19
Jakarta -

Bertambah lagi, kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia kini menjadi 6 orang. Kasus 6 disebut bekerja sebagai ABK Diamond Princess sedangkan kasus 5 dari kluster Jakarta.

"Hari ini dari hasil (pemeriksaan). 2 kasus positif. Yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus kluster Jakarta," kata Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Minggu (8/3/2020).

Apa sih yang dimaksud dengan kluster Jakarta? Perkembangan situasi virus corona memang menghadirkan banyak sekali istilah teknis, salah satunya adalah 'kluster'.

Dikutip dari CNN, berikut ini beberapa istilah teknis seputar virus corona dan artinya.

1. Kluster atau cluster

Kluster penyakit atau kluster infeksi adalah satu kelompok dengan satu kejadian kesehatan yang sama, yang terjadi dalam area dan waktu yang sama. Kluster Jakarta yang dimaksud dalam kasus 5 adalah kelompok kasus yang terhubung dengan kasus 1,2, 3, dan 4.

2. Community spread

Community spread merupakan persebaran penyakit dalam satu area tertentu, yang tidak diketahui pasti kapan dan bagaimana seseorang tertular. Penularan dalam community spread lebih tidak spesifik dan sulit dilacak dibandingkan persebaran dalam kluster.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Topik Hangat Glosarium COVID-19