Selasa, 17 Mar 2020 19:16 WIB

'Community Transmission' hingga 'Screening Masif', Artinya Apa?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah. Skrining masif hingga community transmission, apa artinya? (Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Topik Hangat Glosarium COVID-19
Jakarta -

Kasus infeksi virus corona baru atau COVID-19 semakin bertambah setiap harinya. Bahkan penularan virus corona di Indonesia dinilai sudah masuk ke tahap 'community transmission'.

Hal ini membuat para dokter Indonesia mendesak pemerintah untuk segera melakukan screening masif. Namun apa artinya community transmission dan screening masif?

Simak penjelasannya seperti berikut dirangkum detikcom dari berbagai sumber pada Selasa (17/3/2020):

1. Screening Masif

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) screening didefinisikan sebagai langkah identifikasi atau pemeriksaan pada orang-orang yang nampaknya sehat, atau tidak memiliki gejala. Sedangkan screening masif diartikan memeriksa orang-orang yang tak bergejala dalam jumlah yang lebih besar.

2. Community Transmission

Mengutip Theprint, community transmission artinya kondisi di mana penyakit menyebar sedemikian rupa sehingga sumber penularannya tidak diketahui. Seseorang bisa saja terinfeksi dari orang lain tanpa sadar saat sedang bekerja atau berbelanja.

3. Social Distancing

Melansir dari The Atlantic, social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia.

4. Lockdown

Dalam kasus virus corona, lockdown dilakukan untuk mengunci akses masuk dan keluar sebuah daerah atau negara untuk mencegah penyebaran penularan virus corona. Lockdown mengharuskan sekolah, tempat umum, transportasi umum, bahkan industri untuk tidak menjalani aktivitas sementara waktu.



Simak Video "Istilah yang Perlu Dipahami di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Glosarium COVID-19