Rabu, 25 Mar 2020 10:02 WIB

Viral Jam 10 Waktu Terbaik untuk Berjemur, Ini Tips Agar Tidak Gosong

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Young woman lying down on deck chair. Berjemur jam 10 pagi paling baik untuk kesehatan? (Foto: Getty Images/baona)
Topik Hangat Berjemur Jam 10 Pagi
Jakarta -

Berjemur di sekitar jam 10 pagi disebut memberikan manfaat optimal bagi kesehatan. Informasi yang beredar dalam sebuah pesan viral ini memang ada benarnya, tetapi apa nggak gosong kalau kepanasan?

Ahli kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, berjemur tidak serta merta memicu kecenderungan kanker kulit. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk kadar pigmen melanin atau warna kulit.

"Orang-orang dengan kadar melanin rendah seperti orang Eropa biasanya lebih rentan," jelasnya.

Dalam kaitannya dengan peningkatan imunitas tubuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjemur agar manfaatnya optimal.

1. Jam 8-11 adalah waktu ideal

Untuk wilayah tropis, menurut dr Andhika, paparan provitamin D pada waktu-waktu tersebut lebih dominan dibanding ultraviolet. Di atas jam 11, kadar sinar ultraviolet akan semakin tinggi.

"Kalau seperti di Eropa tentu teriknya berbeda," jelasnya.

Selain itu, pengidap gangguan autoimun seperti lupus juga perlu menghindari berjemur di atas jam 11 pagi. Pada beberapa kasus, berjemur terlalu siang bisa memicu flare up atau kekambuhan.

2. Durasi 30 menit

Lamanya berjemur tentu dipengaruhi banyak hal, termasuk kondisi cuaca. Tapi umumnya, 30 menit sudah cukup memberikan manfaat.

3. Paparan 60 persen permukaan tubuh

Menurut dr Andhika, manfaat berjemur akan optimal jika paparan sinar matahari mengenai 60 persen luas permukaan tubuh. Kisaran tersebut bisa dicapai misalnya dengan mengenakan baju lengan pendek, celana kolor, tanpa penutup kepala atau payung.

"Ada yang sampai membuka punggung, itu sebenarnya tidak perlu. Apalagi sampai nude (telanjang)," saran dr Andhika.



Simak Video "Disebut Mampu Bunuh Corona, Berikut Penjelasan Soal Manfaat Berjemur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)
Topik Hangat Berjemur Jam 10 Pagi