Rabu, 01 Apr 2020 12:00 WIB

Masker Kain Boleh Dipakai Ulang, Bagaimana Cara Mencucinya Agar Steril?

Ayunda Septiani - detikHealth
Full length shot of an attractive young woman doing her laundry at home Meski tak sebagus masker bedah, kelebihan masker kain adalah bisa dipakai ulang asal sering dicuci (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Kelangkaan masker bedah membuat orang beralih ke jenis masker lain, salah satunya masker kain. Meski kemampuan menyaring partikel tak sebagus masker bedah, masker kain tetap bisa dipakai dalam kondisi darurat.

Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K),MSc, PhD mengingatkan untuk tidak lupa mencuci masker kain dengan detergen dan air panas.

"Keuntungannya masker kain ini bisa dipakai berulang, tetapi tentu saja perlu dicuci, dicuci dengan detergen bila perlu memakai air panas. Karena detergen dengan air panas bisa mematikan virus," jelas dr Erlina dalam konferensi pers dalam jaringan di BNPB, Rabu (1/4/2020).

Hal ini juga disampaikan oleh juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto beberapa waktu lalu. Ia menyampaikan untuk menjaga kebersihan dan selalu mencuci peralatan pribadi dengan deterjen. Disebutkan bahwa deterjen bisa membunuh partikel virus corona yang ada di benda.

"Yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri.



Simak Video "Catat! Standar SNI untuk Masker Kain: Minimal Dua Lapis"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)