Senin, 20 Apr 2020 13:17 WIB

Dipakai Titiek Puspa, Apa Sih Fungsi Alat Pacu Jantung?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Titiek Puspa Titiek Puspa memakai alat pacu jantung. (Foto: Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Sejak 2018 lalu, artis senior Titiek Puspa sudah menggunakan alat pacu jantung akibat penyakit jantung yang diidapnya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu detak jantung kembali normal.

"Satu tahun yang lalu, aku kena jantung jadi sesak napas gitu, ke dokter. Terus, sekarang aku pakai pacu jantung. Tapi, dioperasi saya nggak mau jantungnya di apa-apain, yaudah ini aja," ungkapnya saat menjadi bintang tamu di podcast kanal Youtube milik Deddy Corbuzier, beberapa waktu lalu.

Sudah digunakan Titiek Puspa sejak lama, apa sih fungsinya alat pacu jantung itu?

Menurut dokter jantung dari Siloam Hospital Lippo Village, dr Vito A Damay, SpJP(K), Mkes, FIHA, FICA, FAsCC, alat pacu jantung merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga detak jantung tetap pada frekuensi normal. Tidak terlalu cepat atau terlalu lambat juga.

"Jadi, intinya untuk mempertahankan detak jantung agar tetap dalam batas normal," katanya saat dihubungi detikcom, Senin (20/4/2020).

Menurut dr Vito orang diharuskan menggunakan alat pacu jantung biasanya setelah terkena serangan jantung, frekuensi detaknya melemah atau tidak normal.

Dalam keadaan normal, detak jantung pada orang biasa berkisar antara 60-100 kali per menit. Detak jantung bisa dikatakan tidak normal jika frekuensinya hanya 20-30 kali per menit.

"Karena dia (detak jantung) lambat itulah, maka kita pakai alat pacu jantung. Supaya jantungnya terpacu dan berdetak dalam batas yang normal," jelasnya.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)