Sabtu, 25 Apr 2020 09:31 WIB

Bibir Kering Saat Puasa? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
makanan untuk bibir Bibir kering dapat terjadi saat puasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Selama bulan Ramadhan, kita diwajibkan menjalankan puasa selama lebih dari 12 jam per harinya. Selama itu, metabolisme di dalam tubuh akan berubah karena tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman.

Hal ini terkadang membuat kulit dan area bibir menjadi lebih kering dan pecah-pecah. Bahkan pada bibir yang pecah-pecah bisa menimbulkan luka yang perih.

Untuk mengatasi bibir kering, beberapa tips dari Saycheers ini mungkin bisa membantu.

1. Menggunakan scrub bibir

Dalam mengatasi bibir yang kering saat berpuasa bisa diatasi dengan menggunakan scrub bibir atau dengan sikat gigi. Caranya, basahi bibir dengan air hangat dan gosok perlahan serta lembut bibir dengan sikat gigi.

Ini bermanfaat untuk membuang kulit bibir yang kering dan mati.

2. Gunakan lip balm

Lip balm bisa digunakan untuk melepaskan kulit pada bibir yang kering. Jika sudah mengelupas, bibir akan membentuk kulit baru yang lebih sehat.

Selain itu, lip balm juga bisa digunakan untuk mencegah bibir kering. Pilih lip balm yang mengandung minyak alami dan SPF. SPF ini bertugas untuk mengurangi terjadinya bibir kering.

3. Kurangi konsumsi makanan pedas dan asin

Bibir kering saat berpuasa bisa dicegah. Cara pencegahannya dengan menghindari mengkonsumsi makanan yang pedas dan asin, baik saat berbuka atau sahur.

Makanan yang pedas dan asin ini bisa membuat kamu cepat merasakan haus yang berefek pada mulut dan bibir yang kering.

4. Hindari membasahi bibir dengan air liur

Saat bibir kering, seringkali orang-orang membasahinya dengan air liur. Justru membasahi dengan air liur bisa membuat bibir semakin cepat kering.

Meskipun awalnya akan kembali terlihat segar dan lembab, tapi beberapa menit kemudian itu bibir akan jauh lebih kering dari sebelumnya.

5. Coba konsumsi madu

Madu merupakan bahan alami yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dengan cara dikonsumsi, bisa juga dengan mengoleskannya ke bibir.

Agar hasilnya lebih maksimal, oleskan madu saat sebelum tidur dan setelah makan sahur.

6. Perbanyak minum saat sahur

Selama berpuasa, asupan cairan harus tetap tercukupi dengan baik. Jika cairan tubuh terpenuhi dengan baik, kulit dan bibir akan tetap lembab hingga jauh dari pecah-pecah.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)