ADVERTISEMENT

Senin, 27 Apr 2020 14:00 WIB

Donor Plasma Darah Seperti Pasien 03 Ratri Anindya, Ini Syaratnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Ratri Anindya pasien Corona yang sembuh Cerita pasien 03 yang donorkan plasma darahnya usai sembuh Corona. (Foto: Tangkapan layar: Instagram/Ratrianindyajati)
Jakarta -

Baru-baru ini Ratri Anindya, pasien sembuh Corona nomor 03 mendonorkan plasma darahnya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Lewat akun Instagram pribadi miliknya, Ratih Anindya bercerita tentang dirinya yang sudah berhasil mendonorkan plasma darahnya.

Seperti diketahui, donor plasma darah dari pasien COVID-19 yang berhasil sembuh dapat menjadi salah satu alternatif penyembuhan bagi pasien lainnya.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa transfusi plasma darah pasien Corona yang sembuh terbukti dapat membantu penyembuhan pasien sakit kritis COVID-19.

Meski begitu, tidak semua sampel plasma dari pasien sembuh bisa digunakan sebagai donor, karena ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

Adapun syarat untuk melakukan donor plasma darah, menurut Plasma Protein Therapeutics Association (PPTA), yaitu:

- Pendonor plasma harus berusia minimal 18 tahun.
- Pendonor plasma harus memiliki berat setidaknya 50 kilogram.
- Harus lulus pemeriksaan medis.
- Lengkapi skrining riwayat medis.
- Tes non-reaktif untuk virus menular termasuk hepatitis dan HIV.
- Ikuti diet yang disarankan termasuk 50 hingga 80 gram protein harian.

Melihat persyaratan tersebut, ada baiknya bagi pasien yang telah sembuh dari virus Corona COVID-19 dapat membantu pasien lain dengan melakukan donor plasma darah, seperti yang telah dilakukan pasien 03 yang sembuh, Ratri Anindyajati.



Simak Video "Waspadai Lonjakan Covid-19, Satgas Minta Masyarakat Perketat Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT