Rabu, 29 Apr 2020 11:07 WIB

Kata Ahli Jiwa Soal Kenapa Teori Konspirasi Selalu Bikin Penasaran

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jerinx SID Mengapa banyak orang percaya teori konspirasi? Ini kata ahli jiwa. (Foto: Jerinx 'SID' (Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Mewabahnya virus Corona di beberapa negara membuat teori konspirasi tentang Corona pun tak jarang bermunculan. Mulai dari senjata biologis, 5G penyebab COVID-19, dan masih banyak lainnya.

Terbaru, drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx, pun meyakini virus Corona hanyalah teori konspirasi belaka. Mengapa ya banyak orang yang senang dan percaya dengan teori konspirasi ini?

Psikiater dari RS Jiwa Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, mengatakan sebenarnya teori konspirasi sudah ada sejak lama. Menurutnya, teori ini berasal dari suatu bentuk sudut pandang, cara pemikiran, dari seseorang yang mengabaikan fakta-fakta atau bukti yang ada.

"Jadi itu hanya merupakan kepercayaan, ide, atau pemikiran seseorang saja. Jadi berbeda dengan suatu hal yang sifatnya ilmiah yang berdasarkan bukti, fakta, dan data," ungkapnya saat dihubungi detikcom Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, informasi terkait teori konspirasi lebih mudah dicerna jika dibandingkan dengan penjelasan medis atau istilah-istilah mengenai virus Corona COVID-19 ini. Meski begitu, seseorang yang mempercayai teori ini tak akan bisa membantah lontaran bukti yang berdasarkan data dan fakta karena hanya datang dari argumen saja.

"Ketika dia dikonfrontir dengan data, fakta, dia akan ngeles," kata dr Lahargo.

Seseorang yang mempercayai teori konspirasi juga disebutkan memiliki ciri kepribadian yang sama dengan si pencetus teori konspirasi tersebut.

"Dalam kehidupan sehari-harinya pun orang yang percaya teori konspirasi ini terkenal dengan keras kepala, tidak mudah sepakat dengan suatu kejadian, tipe orangnya memang selalu menentang, frontal, paranoid," lanjutnya.

"Kedua karena narsistik. Kalau orang berusaha untuk menyebarkan itu (teori konspirasi) sehingga melihat dia unik, spesial, keren. Nah ini ciri kepribadian narsistiknya yang muncul di sana," lanjutnya.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)