Kamis, 14 Mei 2020 10:00 WIB

WHO Singgung Corona Bakal Jadi Endemik, Ini Bedanya dengan Pandemi

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Siapa Pasien Pertama Virus Corona yang Telah Mengubah Hidup Kita Virus Corona disebut bakal jadi endemik baru. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan virus Corona COVID-19 bakal menjadi endemik baru. Pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan mengeluarkan pernyataan ini ketika beberapa negara mulai melonggarkan kebijakan pembatasan dan lockdown.

"Penting untuk mengingat ini: virus ini bisa menjadi virus endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak akan pernah hilang," kata pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan, dalam pertemuan daring dan dikutip dari SCMP, Kamis (14/5/2020).

Disinggung WHO, virus Corona akan menjadi endemik baru. Lalu apa bedanya pandemi dan endemik?

Mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), endemik merupakan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Endemik juga pada umumnya penyakit yang menetap dalam waktu yang lama di wilayah tertentu.

Di Indonesia sendiri salah satu penyakit endemik yang dikenal adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini pun tiap tahunnya akan terus muncul dan banyak memakan korban jiwa. Selain DBD, beberapa penyakit endemik lain di Indonesia, di antaranya malaria, hepatitis, hingga kusta.

Sedangkan pandemi merupakan penyebaran penyakit ke beberapa negara lain dan mempengaruhi sejumlah orang di seluruh dunia. Pandemi pun biasa disebut wabah penyakit global karena cakupannya lebih luas. Sebelum virus Corona, dunia sudah pernah mengalami pandemi, seperti Black Death, kolera, flu babi (H1N1), dan flu Spanyol.



Simak Video "Prediksi Ahli Infeksi Singapura soal Akhir Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)