Minggu, 17 Mei 2020 14:11 WIB

Terpopuler Sepekan: Peringatan WHO Soal Corona Tak Akan Pernah Hilang

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mutasi virus corona yang membingungkan para ilmuwan Peringatan WHO soal virus Corona tak akan pernah hilang. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Baru-baru ini pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadi perhatian publik. Pasalnya, WHO mengatakan kalau virus Corona kemungkinan besar tak akan pernah hilang.

Peringatannya ini muncul usai banyak orang yang memprediksi kapan sebenarnya akhir dari pandemi Corona COVID-19. Ia pun menyoroti beberapa negara yang mulai melonggarkan lockdown dan social distancing.

"Penting untuk mengingat ini: virus ini bisa menjadi virus endemik lain di komunitas kita dan mungkin tidak akan pernah hilang," kata pakar kedaruratan kesehatan WHO, Mike Ryan, dalam pertemuan daring dan dikutip dari SCMP, Kamis (14/5/2020).

"Saya pikir penting bagi kita untuk realistis dan tidak berpikir siapa pun dapat memprediksi kapan penyakit ini akan hilang. Tidak ada janji dalam hal ini, tidak ada tanggal. Penyakit ini bisa menjadi masalah yang lama, atau mungkin juga tidak," sambungnya.

Meski begitu, ia meyakini dunia tetap memiliki kendali untuk mengatasi wabah virus Corona COVID-19. Ia pun optimis terhadap vaksin potensial yang tengah dikembangkan, dan beberapa telah memasuki uji klinis.

Total ada lebih dari 100 vaksin yang tengah dikembangkan saat ini. Namun para ahli mengakui kesulitan menemukan vaksin yang efektif untuk virus Corona.

Ditambah lagi, menurut Ryan ada beberapa vaksin untuk penyakit lain, salah satunya seperti campak hingga kini penyakitnya belum hilang seluruhnya. Meski demikian, Ryan optimis kontrol yang signifikan disebutnya dapat menurunkan risiko yang sangat tinggi di tingkat nasional, regional, dan global.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)