Kamis, 14 Mei 2020 11:40 WIB

Paru-Paru Lelaki Ini Kolaps Usai Jogging Pakai Masker

Ayunda Sep - detikHealth
Kegiatan berlari Pria kolaps setelah lari pakai masker. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Paru-paru seorang pria di China mengalami kolaps setelah berlari sejauh 4 kilometer dan harus segera dioperasi. Ia dilaporkan mengalami hal tersebut usai jogging menggunakan masker di wajah.

Dikutip dari laman Daily Mail, pria tersebut bernama Zhang Ping, yang dilarikan ke Wuhan Central Hospital, Zhang mengeluhkan adanya nyeri dada dan sesak napas pada Kamis (7/5/2020) lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan, dokter menemukan paru-paru sebelah kiri Zhang menyusut sebanyak 90 persen, para dokter mengatakan hal ini disebabkan oleh tekanan tinggi pada organ, karena ia melakukan olahraga intens dengan menggunakan masker wajah.

Paru-paru kolaps atau secara medis disebut sebagai pneumotoraks, terjadi saat udara bocor ke luar paru-paru. Pasien tersebut sudah menjalani operasi dan kini sedang berada dalam kondisi stabil. Pihak dokter percaya bahwa kondisi membahayakan tersebut terjadi karena lelaki itu menggunakan masker wajah saat berlari.

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa Zhang mulai lari sejak dua minggu lalu. Namun, secara perlahan menambah jarak tiap kali ingin jogging.

Disebutkan, ia selalu menggunakan masker setiap kali jogging karena keparahan penyebaran virus Corona yang terjadi di Wuhan.

Pada hari Kamis, ia menghentikan larinya karena mulai merasa sesak napas dan kemudian kembali pulang ke rumah. Tak lama kemudian ia dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya memburuk.

Cheo Baojun, direktur departemen bedah thoraks di Wuhan mengatakan lelaki tersebut rentan akan pneumotoraks spontan sebab ukuran tubuhnya yang kurus dan jangkung.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)