Senin, 18 Mei 2020 15:57 WIB

Psikolog: 'Indonesia Terserah' Ungkapan Emosi di Tengah Pandemi

Ayunda Septiani - detikHealth
Pasar Anyar, Kota Bogor, sempat viral karena lautan manusia yang belanja baju Lebaran meski tengah diberlakukan PSBB. Hari ini kondisi di Pasar Anyar masih padat. Lautan manusia di Pasar Anyar Bogor seolah tak peduli ancaman virus Corona (Foto: Antara Foto)
Topik Hangat Indonesia Terserah
Jakarta -

Ungkapan 'Indonesia Terserah' viral di media sosial. Hal ini disandingkan dengan komentar yang menunjukkan rasa kecewa masyarakat terhadap penanganan dan penerapan aturan untuk mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia.

"Kesabaran ada batasnya. Konteksnya adalah orang yg berjuang mempertaruhkan nyawa melihat yang diperjuangkan tidak peduli padanya. #indonesiaterserah," tulis salah satu netizen.

Psikolog dari Pro Help Center dan juga penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan, ungkapan 'Indonesia Terserah' adalah sebagai ungkapan emosi dan juga bisa sebagai peringatan ke masyarakat untuk bersikap lebih empati.

"Kata tersebut selain sebagai ungkapan emosi dan harapan dapat juga dibuat sebagai peringatan untuk masyarakat agar mampu bersikap lebih empati pada nakes yang sudah berkorban banyak dalam situasi pandemic ini," kata Rahma saat dihubungi detikcom, Senin (18/5/2020).

Rahma juga menjelaskan, masyarakat yang mempunyai empati tentu akan paham dan mampu untuk saling menjaga satu sama lain.

"Sebagai peringatan agar masyarakat sadar dan tidak semaunya sendiri saja. Masyarakat yang memiliki empati dan hati nurani tentu akan paham dan mampu berusaha saling menjaga," tambahnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Indonesia Terserah