Minggu, 21 Jun 2020 14:00 WIB

Ingin Ke Salon di Masa 'New Normal'? Begini Tipsnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi salon Tips aman ke salon di masa 'new normal'. (Foto ilustrasi: Getty Images/BakiBG)
Topik Hangat Protokol New Normal
Jakarta -

Saat ini, berbagai tempat umum sudah mulai dibuka dan bisa beraktivitas seperti biasanya, seperti mal, tempat gym, dan juga salon. Sudah banyak sekali orang yang ingin melakukan perawatan rambutnya di salon selama pandemi virus Corona ini terjadi.

Seorang profesor NYU dan ahli epidemiologi penyakit menular, Danielle Ompad, berpendapat seseorang perlu menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk melakukan perawatan rambut di salon. Terlebih jika orang tersebut melakukan perawatan yang harus bertatap muka dengan orang lain, misalnya facial dan manikur bisa lebih rentan tertular virus.

Untuk menghindari ini terjadi, berikut beberapa saran dari Danielle yang bisa dilakukan sebelum pergi ke salon saat pandemi Corona yang dikutip dari New York Post.

1. Hubungi lebih dulu salon yang dituju

Sebelum mengunjungi salon, kamu bisa memastikan tempat itu sudah melakukan protokol kesehatan yang telah disarankan para ahli dan pemerintah dengan cara meneleponnya terlebih dulu. Pastikan pihak salon selalu mendisinfeksi area yang sering disentuh dan tidak menerima banyak pelanggan agar masih bisa jaga jarak.

Danielle mengatakan, kamu juga bisa memastikan semua karyawannya selalu menjaga kebersihan, dengan menggunakan sarung tangan dan masker saat melayani pelanggan. Kamu juga bisa menanyakan cara yang dilakukan pengelola salon untuk menjaga jarak dengan pelanggan dalam mengurangi penyebaran virus.

2. Pakai masker saat melakukan perawatan

Masker adalah kunci utama untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Corona COVID-19. Hal ini membuat masker harus selalu dipakai selama perawatan di salon berlangsung.

Tapi, Danielle menyarankan untuk melepas masker dan beristirahat sebentar saat melakukan perawatan. Jangan sampai masker itu basah karena keringat.

"Kamu bisa melepas masker sejenak untuk beristirahat saat pergi ke toilet atau tempat yang tidak banyak orang. Pastikan tidak ada orang lain yang berada didekatmu selama kamu membuka masker," kata Danielle.

3. Hindari tempat atau ruang tunggu yang banyak orang

Di beberapa salon biasanya menyediakan ruang tunggu yang lengkap dengan majalah dan camilan untuk para pelanggan. Tapi, sebaiknya hindari tempat tersebut untuk mencegah penularan virus.

Lebih baik bawa majalah atau bahan bacaan serta camilan pribadi agar lebih aman. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan dan jaga kebersihan.

4. Jika kondisi tubuh tidak baik, jangan pergi ke salon

Jika kondisi tubuh sedang tidak baik, jangan pergi ke salon atau tempat umum manapun. Buatlah janji di hari lain agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI juga merilis protokol kesehatan untuk beraktivitas di tempat umum baru-baru ini. Termasuk di dalamnya, imbauan bagi pengguna jasa perawatan, termasuk salon kecantikan.

Berikut anjuran yang diatur dalam protokol tersebut:

1. Pastikan diri dalam kondisi kesehatan yang baik saat akan melakukan perawatan atau menggunakan jasa perawatan kecantikan lainnya di salon. Jika muncul gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, atau sesak napas, tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.

2. Membawa peralatan pribadi yang akan digunakan untuk melakukan perawatan rambut atau kecantikan, termasuk peralatan make up.

3. Saat tiba di rumah, segera mandi dan berganti pakaian sebelum kontak dengan orang lain yang ada di rumah.

4. Bersihkan handphone, kacamata, tas, dan barang lainnya dengan cairan disinfektan setelah kembali dari luar.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Protokol New Normal