Senin, 29 Jun 2020 05:52 WIB

Disinggung dr Reisa, Ini 5 Protokol Kesehatan Saat di Kolam Renang

Firdaus Anwar - detikHealth
Family enjoying summer vacations in resort Berenang (Foto: Getty Images/ArtMarie)
Topik Hangat Protokol New Normal
Jakarta -

Di masa pandemi virus Corona COVID-19 ini, olahraga jadi salah satu cara warga untuk menjaga kebugaran tubuh agar bisa tetap sehat. Terkait hal tersebut, ada pertanyaan apakah kolam renang aman untuk digunakan?

Anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro menjawab saat ini sebetulnya boleh saja berenang di kolam renang. Hanya saja sekali lagi ada protokol kesehatan yang perlu dipatuhi untuk meminimalisir risiko terpapar virus.

Berikut 5 protokol kesehatan di kolam renang:

1. Air kolam menggunakan disinfektan

dr Reisa menyebut pengelola kolam renang harus bisa memastikan bahwa air kolam dibersihkan secara rutin dan menggunakan disinfektan. Informasi terkait kondisi air ini harus tersedia di papan pengumuman sehingga seluruh pengunjung dapat mengetahuinya.

"Apakah sudah boleh ke kolam renang? Iya, apabila bisa dipastikan air kolam renang menggunakan disinfektan dengan klorin 1-10 ppm atau bromin 3-8 ppm, sehingga ph air mencapai 7,2 sampai dengan delapan. Setiap hari hasilnya diinformasikan di papan informasi agar semua pengguna tahu," kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Minggu (28/6/2020).

2. Area sekitar kolam rutin didisinfeksi

Area sekitar kolam seperti meja-meja dan ruang ganti harus secara rutin dibersihkan juga dengan disinfektan. Tujuannya untuk menghindari risiko pengunjung tertular karena dari permukaan yang sering disentuh.

3. Pengunjung isi formulir dan dibatasi

dr Reisa menyebut pengunjung kolam renang harus mengisi formulir terkait penilaian diri risiko terhadap paparan COVID-19. Mereka yang termasuk ke dalam kelompok berisiko maka jangan dulu menggunakan kolam renang.

Pengelola juga harus bisa membatasi jumlah pengunjung yang masuk dalam satu periode waktu. Tujuannya agar jaga jarak bisa diterapkan dan tidak terjadi kerumunan.

4. Bawa alat renang sendiri

Pengunjung harus membawa sendiri peralatan yang biasa dipakai untuk berenang, seperti handuk dan alat bilas lainnya.

5. Pakai masker

Saat mengunjungi kolam renang jangan lupa tetap memakai masker. Alat pelindung diri ini hanya dilepas ketika berenang dan kembali dipakai setelahnya.

"Gunakan masker, sebelum dan setelah berenang," pungkas dr Reisa.



Simak Video "dr. Reisa: Politisi-Tokoh Agama Perlu Jadi Contoh di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Protokol New Normal