Kamis, 25 Jun 2020 10:54 WIB

New Normal, Begini Cara Olahraga Biar Tetap Aman dari COVID-19

Inkana Putri - detikHealth
Fatigon Foto: istimewa
Jakarta -

Sejak diberlakukannya new normal, beberapa orang sudah tak sabar ingin kembali beraktivitas di luar ruangan seperti berolahraga. Olahraga memang menjadi salah satu upaya untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Apalagi di saat pandemi ini, tentunya menjaga imunitas sangat perlu dilakukan agar terhindar dari virus Corona.

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, saat berolahraga di masa new normal sebaiknya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan yakni, jalan sehat, lari, lompat tali, bersepeda, yoga dan aerobic. Namun, akan lebih baik lagi jika melakukan olahraga di rumah saja.

"Beberapa olahraga bisa dilakukan, asalkan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Hindari olahraga yang melibatkan kontak fisik dengan peserta olahraga lainnya, menggunakan fasilitas bersama dengan peserta lainnya," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Jika terpaksa dilakukan diluar rumah, ada baiknya tetap dilakukan secara mandiri dan menggunakan masker. Pasalnya, menggunakan masker menjadi salah satu cara untuk meminimalisir tubuh terinfeksi virus dan penyakit.

"Segala kemungkinan berpindahnya virus dari luar ke dalam tubuh harus diminimalisir, terutama di area publik. Sehingga saat melakukan aktivitas apapun di area public, harus tetap menggunakan masker. Jika outdoor yang dimaksud adalah di pekarangan rumah yang bukan area publik, maka tidak perlu menggunakan masker," jelas dr Helmin.

Sehabis berolahraga sebaiknya lakukan recovery yang baik seperti rehidrasi, mengonsumsi nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup. Selain itu, agar stamina tubuh tetap terjaga, mengonsumsi suplemen juga dibutuhkan disamping ketiga hal tersebut.

"Ada kalanya kita mengalami kesulitan untuk memenuhi gizi seimbang dalam menu sehari-hari. Sehingga peranan suplemen menjadi penting agar kita tidak mengalami defisiensi yang dapat mengganggu aktifitas dan produktifitas sehari-hari termasuk berolahraga," pungkasnya.

Agar tetap lancar beraktivitas, bantu juga dengan konsumsi Fatigon Spirit sebelum beraktivitas. Kandungan Nano Ginseng Extract dapat menjaga stamina tubuh dan L-Carnitine membantu menghasilkan energi. Untuk mempercepat kembali pemulihan stamina setelah beraktivitas seharian, Anda bisa konsumsi Fatigon Multivitamin yang mengandung vitamin B Kompleks, vitamin E untuk pemulihan energi, dan kalium serta magnesium aspartat untuk menguraikan asam laktat penyebab pegal dan otot kaku.

(ega/ega)