Kamis, 25 Jun 2020 17:25 WIB

5 Fakta Listeria, Penyakit yang Dikaitkan dengan Jamur Enoki

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Enoki mushrooms closeup Jamur enoki (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Wabah listeria di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Australia diduga ada kaitannya dengan jamur enoki. Sebenarnya apa sih penyebab seseorang terkena listeria?

Makanan apa saja yang harus dihindari? Berikut 5 faktanya yang perlu kamu tahu, dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention.

Apa yang terjadi jika kita terkena listeria?

Seseorang yang terkena listeria bisa mengalami demam, nyeri otot, dan kadang-kadang timbul gejala mual atau diare. Jika infeksi sudah menyebar ke sistem saraf, akan timbul gejala lain seperti sakit kepala, leher terasa kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, hingga kemungkinan kejang.

Sementara wanita hamil yang terinfeksi listeria mungkin hanya mengalami penyakit ringan seperti flu. Namun, infeksi listeria saat kehamilan bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau infeksi pada bayi baru lahir.

Makanan apa yang mungkin mengandung listeria?

  • Kalengan dan seafood mentah
  • Makanan yang didingingkan dalam waktu yang lama
  • Makanan yang diawetkan
  • Sayuran bit, wortel, dan kentang, tumbuhan yang dapat bersentuhan dengan listeria di tanah

Bisakah listeria disembuhkan?

Pengobatan infeksi listeria bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Kebanyakan orang dengan gejala ringan tidak memerlukan perawatan. Infeksi yang lebih serius dapat diobati dengan antibiotik.

Berapa lama listeria bertahan dalam tubuh?

Infeksi listeria dapat berlangsung sekitar satu minggu hingga sekitar enam minggu, tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Memasak makanan, dan menghindari makanan dan cairan yang terkontaminasi oleh kotoran hewan atau manusia dapat mencegah infeksi.

Bisakah listeria ditularkan dari orang ke orang?

Fakta listeria berikutnya adalah infeksi listeria menyebar dengan memakan makanan yang terkontaminasi dengan listeria. Namun juga dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak seksual dan menyebar dari ibu ke anak selama kehamilan atau persalinan.



Simak Video "Agar Tak Terpapar Bakteri Listeria, Begini Cara Menyimpan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)