Kamis, 25 Jun 2020 20:00 WIB

Disebut Picu Wabah Listeria, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
enoki Lima manfaat jamur enoki bagi kesehatan. (Foto: Getty Image)
Jakarta -

Dikaitkan dengan wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, jamur enoki kini jadi perhatian banyak orang. Hal ini dikarenakan terdapat bakteri listeria pada jamur enoki yang diimpor dari salah satu perusahaan asal Korea Selatan.

Sebelumnya, bakteri penyebab wabah listeria memang dapat mencemari makanan yang dikelola di lingkungan tak higienis. Bahkan, bakteri ini dapat mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya.

Jamur enoki sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi, asalkan dikelola dengan baik dan bersih. Berikut adalah lima manfaat jamur enoki bagi kesehatan, dikutip dari Draxe:

1. Bergizi

Selain rendah kalori, jamur enoki juga memiliki banyak kandungan gizi, dari vitamin, mineral, hingga antioksidan. Misalnya, kandungan vitamin B, seperti niasin, thiamin, dan riboflavin, yang semuanya penting bagi fungsi otak.

Kandungan antioksidan pada jamur enoki juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi dari penyakit kronis.

2. Baik untuk jantung

Salah satu manfaat jamur enoki yang paling menjanjikan adalah baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi yang telah diterbitkan di Biomed Research International menunjukkan bahwa hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur enoki memiliki kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang rendah, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3. Memerangi sel kanker

Menurut sebuah studi, mengonsumsi jamur enoki dapat membantu tubuh dalam melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Pada tikus, misalnya, protein yang terdapat dalam jamur ditemukan bisa mengurangi aktivitas tumor pada sel kanker hati. Penelitian lain dalam jurnal Oncology Reports juga mencatat bahwa jamur enoki efektif menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

4. Tinggi serat

Umumnya terdapat 1,8 gram serat dalam satu porsi jamur enoki. Karena itu, mengonsumsi jamur enoki sangat baik untuk kesehatan.

Bahkan, menurut sebuah studi, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melindungi seseorang dari masalah kesehatan, seperti sembelit, wasir, dan gastroesophageal reflux (GERD).

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa penelitian menemukan, kandungan senyawa protein pada jamur enoki dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, penelitian dari Taiwan juga menunjukkan, jamur enoki efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi pertumbuhan tumor ketika diberikan pada tikus.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)