Selasa, 30 Jun 2020 06:22 WIB

Ilmuwan China Temukan Virus Flu Baru, Berpotensi Jadi Pandemi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Ilmuwan China menemukan virus baru yang potensial jadi pandemi (Foto: AP Photo)
Topik Hangat Virus Baru G4
Jakarta -

Para ilmuwan di China menemukan virus baru yang potensial memicu pandemi. Virus tersebut muncul belakangan ini dan dibawa oleh babi, tetapi bisa menginfeksi manusia.

Dikhawatirkan, virus tersebut bisa bermutasi sehingga bisa menular dengan mudah dari orang ke orang. Jika itu terjadi, maka pandemi global bisa terjadi.

Meski dikatakan belum akan jadi masalah dalam waktu dekat, virus ini perlu dipantau dengan ketat. Imunitas manusia terhadap virus yang masih baru ini diyakini masih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Virus yang oleh para ilmuwan disebut G4 EA H1N1 tersebut bisa tumbuh dan menggandakan diri di sel-sel saluran napas manusia. Ilmuwan menemukan bukti infeksi baru-baru ini berawal pada orang-orang yang bekerja di industri dan rumah potong babi di China.

"Saat ini kita teralihkan oleh virus Corona dan memang demikian. Tapi kita tidak boleh abai dengan virus baru yang potensial berbahaya," kata Prof Kin-Chow Chang dari Nottingham University, dikutip dari BBC, Selasa (30/6/2020).



Simak Video "Virus Baru di China, WHO Imbau Seluruh Rumah Sakit Dunia Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Virus Baru G4