Kamis, 02 Jul 2020 14:51 WIB

Olahraga di Luar Saat New Normal, Kenapa Tidak? Ini Tipsnya

Inkana Putri - detikHealth
jogging Foto: shutterstock
Jakarta -

Demi menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar terbebas dari infeksi virus Corona, beragam aktivitas fisik, olahraga, dan juga berjemur di rumah disarankan untuk dilakukan. Meski di masa new normal, ada baiknya Anda tetap berolahraga di rumah aja.

Namun sebenarnya bisa saja jika ingin olahraga yang dilakukan di luar ruangan seperti jogging di sekeliling taman atau lingkungan sekitar rumah dengan memperhatikan beberapa hal terlebih. Selain tetap pakai masker, pastikan Anda berada di wilayah yang aman, kondisi tubuh yang fit, tetap jaga jarak dan tidak menyentuh benda-benda di sekitar.

"Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan seperti treadmill, sepeda statis, skipping ataupun senam, jalan santai di sekitar area rumah yang tidak terlalu ramai bisa menjadi alternatif dalam memasuki era new normal ini agar imunitas tetap terjaga," ujar Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita kepada detikcom baru-baru ini.

Bagi Anda yang ingin olahraga di luar rumah, pastikan untuk melakukannya sesuai dengan protokol kesehatan yaitu dengan menghindari olahraga berama-ramai dan menggunakan masker. Namun, pengguna masker saat olahraga tentunya juga perlu diperhatikan intensitasnya.

Jika melakukan olahraga intensitas sedang hingga berat disarankan untuk tidak menggunakan masker karena akan menyebabkan tubuh dapat kekurangan oksigen, juga keringat yang menempel pada masker. Hal ini akan memberikan efek lembap dan dapat menjadi tempat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan virus.

"Tetapi dikembalikan kepada pengukuran kapasitas tubuh, jika ketika menggunakan masker saat olahraga malah menimbulkan gejala seperti pusing, napas pendek, maupun sesak napas, segera hentikan olahraga," jelasnya

Oleh karena itu, saat melakukan olahraga di luar, sebaiknya kurangi intensitas olahraga dan atur pernafasan agar tidak kekurangan oksigen. Selain olahraga, asupan makanan juga harus dijaga karena sangat menentukan tingkat kolesterol.

Sesudah mengonsumsi makanan berlemak dan kadar kolesterolnya tinggi, Anda bisa mengonsumsi Nutrive Benecol untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah jika dikonsumsi secara rutin 2 kali sehari sebanyak satu botol setelah makan besar atau makan makanan berlemak.

Nutrive Benecol dengan kandungan Plant Stanol Ester (PSE) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol 7-10% jika dikonsumsi teratur selama minimal 2 minggu. Plant Stanol Ester yang terkandung di dalam 1 botol Nutrive Benecol setara dengan 3 gram Beta Glucan dalam 3 mangkuk oat.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)