Kamis, 09 Jul 2020 18:32 WIB

Pemerintah Ingatkan Penularan Corona lewat Mikrodroplet, Begini Mencegahnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung melakukan peninjauan ke salah satu bioskop di Jalan Purnawarman, Kota Bandung untuk dilihat kesiapan protokol kesehatannya. Pemerintah ingatkan penularan corona lewat mikrodroplet. (Foto ilustrasi: Wisma Putra)
Jakarta -

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan penularan virus Corona ini terjadi melalui mikrodroplet atau droplet yang berukuran sangat kecil.

"Mikrodroplet ini akan melayang-layang dalam waktu yang cukup lama," kata Yuri dalam siaran langsung BNPB, Kamis (9/7/2020).

Yuri mengingatkan untuk disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan COVID-19 agar terhindar dari penularan penyakit ini.

"Gunakan masker apa pun alasannya karena ini melindungi kita, kedua jaga jarak. Kemudian sering mencuci tangan dengan sabun," tegasnya.

Selain itu, Yuri menjelaskan ada beberapa cara untuk menghindari risiko penularan virus Corona melalui mikrodroplet di lingkungan kantor.

"Untuk kita yang bekerja di ruang tetap di ruang kerja kantor pastikan sirkulasi udara atau ventilasi ruang kerja kita setiap hari terganti udaranya," jelasnya.

"Kemudian sebisa mungkin kalau akses mendapatkan udara segar bisa dilakukan, lakukan itu," lanjutnya.

Tak hanya itu, Yuri juga menyarankan masyarakat yang menggunakan mobil untuk rutin membuka kaca jendela setiap di pagi hari agar sirkulasi udara bersih tetap terjaga.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Agar COVID-19 Tidak Bermutasi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)