Jumat, 10 Jul 2020 07:39 WIB

Saran Dokter dalam Memilih Imunomodulator untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi minum obat Saran dokter terkait imunomodulator. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Dalam menghadapi pandemi Corona menjaga daya tahan tubuh sangat diutamakan. Tetapi, bukan berarti kita bebas mengonsumsi imunomodulator agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Imunomodulator merupakan obat yang merangsang dan memperbaiki kekebalan tubuh. Perlu diingat imunomodulator bukanlah suplemen vitamin, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara sembarangan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Tetapi, bagaimana jika ingin memilih imunomodulator yang benar?

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr dr Inggrid Tania, MSi, dalam memilih imunomodulator sebaiknya pastikan produk itu aman.

"Yang paling utama adalah kita tahu bahwa itu aman. Prioritas adalah keamanan jadi kita tahu produk suplemen imunomodulator itu aman," kata dr Inggrid dalam sebuah diskusi online, Kamis (9/7/2020).

dr Inggrid juga menjelaskan, sebelum memutuskan untuk membeli imunomodulator sebaiknya cari tahu terlebih dahulu terkait keefektifan produk tersebut.

"Misalnya, suplemen imunomodulator tersebut punya pembuktian-pembuktian yang lumayan banyak," ujarnya.

"Yang membuktikan bahwa ternyata cukup efektif untuk mencegah terjadinya infeksi atau pun akan memperpendek durasi penyakit infeksi atau meminimalisir gejala yang timbul," tuturnya.



Simak Video "Tips dan Trik Pilih Obat Herbal Tradisional yang Legal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)